Langsung ke konten utama

REJANG TARIAN SAKRAL UNTUK PERSEMBAHAN PARA DEWA


Musik dan tari adalah bagian yang tidak terpisahkan dari agama di desa Terusan. Tarian-tarian Bali diklasifikasikan menjadi dua jenis yaitu tarian pertujukan dan tarian sakral. Tari pertunjukan (bebalihan) adalah tarian yang umumnya dimainkan/dipentaskan untuk hiburan, sementara tari sakral (wali) merupakan tarian yang hanya dapat dimainkan untuk mengiringi upacara keagamaan tertentu. Ada beragam jenis tari pertunjukan seperti: tari lebah, tari perang, tari untuk mencari pasangan, tari penyambutan tamu, dan lain sebagainya; sementara, tari sakral seperti: tari pendet, rejang dewa, Sanghyang, topeng, dan lain sebagainya.
Pada zaman Bali Kuno bisa dikategorikan menjadi dua transformasi: (1) lewat guru-guru tua yang memberikan pelajaran secara personal; (2) kateori yang berbau gaib, yakni transformasi ketika seorang penari hanya bertindak sebagai medium. Kategori ini sering ditemu pada penari-penari suci atau yang belum akil balik. Mereka mengalami proses kerawuhan – suatu ecstay, dan menari dalam keadaan kehilangan kesadaran saat menari Rejang Pendet atau tari Sang Hyang di pura-pura Hindu (Bandem, 1996:67)
Rejang adalah tari upacara keagamaan yang diselenggarakan di puramerajan atau sanggah. Penarinya laki-laki dan perempuan yang diiringi dengan tabuh gegaboran.Tari Rejang ada bermacam-macam bentuknya, misalnya: Rejang Dewa, Rejang Renteng, Rejang Bengkol, Rejang Regong, Rejang Lilit, dan lain-lain. Begitu pula tabuhnya, terdiri dari beberapa gabor, misalnya, Gabor Longgor, Gabor Selisir, Gabor Bebancangan, dan Gabor Ganjur. Bagian terakhir Tari Rejang biasanya dilanjutkan dengan tari perang yang mempergunakan bermacam-macam senjata seperti: Tombak, Gada, Cakra, Bajra, Bandrang, dan lain sebagainya. Tari perang ini diakhiri siratan Tirtha (air suci) dari Sang Sulinggih.
Konon ceritanya peperangan itu menceritakan tentang peperangan Dewata Nawasanga dengan para Raksasa ketika memutar Gunung Manara berebut air suci (tirtha Amerta). Ketika itu para Dewa diiringi oleh para Gandarwa yang membawa alat bunyi-bunyian berupa gamelan. Akhirnya peperangan dimenangkan oleh pihak Dewata Nawasanga, dan tirtha amerta yang diperoleh itu dipakai untuk menikmati kehidupan di dunia.
Komposisi pakaian tari rejang tidak jauh berbeda dengan pakaian yang dipergunakan untuk sembahyang. Laki-laki memakai Destar, baju, umpal atau ambed, dan kain. Sedangkan perempuan memakai bunga emas atau bunga segar di rambutnya, berbaju kebaya, sesenteng, dan kain.
Mengenai koriografinya, tari ini tidaklah begitu terikat dengan patokan (pedum karang) seperti tari-tarian lainnya. Tari ini memiliki kebebasan yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi setempat. Lebih-lebih lagi dalam Upacara Pangider Buana, penarinya memngelilingi sesajian (sajen) berputar-putar sambil menuruti arah pradaksina.
Sumber : Masyarakat Terusan Beragama Hindu

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEMBUKAAN KEGIATAN PELATIHAN PENGELOLAAN BADAN USAHA MILIK DESA

  Selasa tanggal 3 Oktober tahun 2023 telah dilaksanakan Acara pembukaan kegiatan pelatihan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) yang di selenggarakan oleh Balai Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Banjarmasin. Dalam acara pembukaan tersebut dihadirin oleh Kepala Balai Pelatihan Banjarmasin, Perwakilan dari Dinas PMD Kabupaten Kapuas, Panitia Pelaksana, Tim Pelatih, dan seluruh Peserta Pelatihan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa ( BUM Desa). Seluruh jumlah peserta pelatihan terdiri dari 60 peserta terbagi kedalam keterwakilan 20 Desa yang ada di Kabupaten Kapuas, yaitu: 1. Desa Saka Tamiang 2. Desa Penda Ketapi 3. Desa Anjir Membulau Barat 4. Desa Tamban Baru Mekar 5. Desa Harapan Jaya 6. Desa Kalumpang 7. Desa Beranggau 8. Desa Bina Karya 9. Desa Terusan Makmur 10. Desa Petak Petuah 11. Desa Naning 12. Desa Warna Sari 13. Desa Tamban Jaya 14. Desa Anjir Serapat Baru 15. Desa Anjir Serapat Barat 16. Desa Saka Batur 17. Desa Rawa Subu

DEWATA NAWA SANGA

Dewata Nawa Sanga, 9 Dewa Peguasa Mata Angin 1. Definisi Dewata Nawasanga adalah sembilan dewa atau manifestasi Ida Sang Hyang Widhi Wasa yang menjaga atau menguasai sembilan penjuru mata angin. Sembilan dewa itu adalah Dewa Wisnu, Sambhu, Iswara, Maheswara, Brahma, Rudra, Mahadewa, Sangkara, dan Siwa. 2. Penjelasan Tentang Atribut Dewata Nawasanga a. Dewa Wisnu Arah : Utara/Uttara Pura : Batur Aksara : Ang Senjata : Cakra Warna : Hitam Urip : 4 Panca Wara : Wage Sapta Wara : Soma Sakti : Dewi Sri Wahana : Garuda Fungsi : Pemelihara b. Dewa Sambhu Arah : Timur Laut/Airsanya Pura : Besakih Aksara : Wang Senjata : Trisula Warna : Biru/Abu-Abu Urip : 6 Panca Wara : Sapta Wara : Sukra Sakti : Dewi Mahadewi Wahana : Wilmana c. Dewa Iswara Arah : Timur/Purwa Pura : Lempuyang Aksara : Sang Senjata : Bajra Warna : Putih Urip : 5 Panca Wara : Umanis Sapta Wara : Redite Sakti : Dewi Uma Wahana : Gajah Putih d. Dewa

KEGIATAN PELATIHAN PENINGKATAN KAPASITAS KPM, BUMDes, DESAIN DAN RAB

Kamis 7 Desember 2023 Pemerintah Desa Terusan Makmur dan Pemerintah Desa Terusan Mulya mengadakan kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas KPM, BUMDes, Desain dan RAB. Peserta Pelatihan terdiri dari Perangkat Desa, BUMDes, KPM dan Kader Posyandu. Jumlah Narasumber ada 6 diantaranya:  1. HENDRANO, S.P dan RIJALI RAHMAN, S.Pd.I Judul Materi Pemahaman Administrasi BUMDes  2. YUDIANTO,S.H dan ELISE, S.P Judul Materi Pelatihan KPM dan Posyandu  3. SUYONO, S.T dan TITI YULIANTI, S.Pd.I Judul Pelatihan materi Desain RAB kegiatan pelatihan ini dilaksanakan di Aula Kantor Desa Terusan Makmur.  harapan PLH. Kades Terusan Makmur Bapak Anang Amunddin, S.Pd terhadap seleruh pesesta pelatihan Peningkatan Kapasitas KPM, BUMDes, Desain dan RAB yaitu  1. dapat menambah pengetahuan dalam bidang masing-masing  2. dapat diterapkannya setelah mengikuti pelatihan Peningkatan Kapasitas KPM, BUMDes, Desain dan RAB ini.