Langsung ke konten utama

SEJARAH



SEJARAH PERKEMBANGAN AGAMA HINDU DI INDONESIA, INDIA, DAN NEGARA-NEGARA LAINNYA

2.1.       Perkembangan Agama Hindu Di India

Banyak orang mengatakan bahwa agama hindu itu adalah agama budaya, akan tetapi sejarah mengatakan bahwa agama hindu adalah agama wahyu.
Sebagai gambaran tentang bagaimana wahyu itu di terima akan di jelaskan sebagai berikut.

Ida sang hyang widhi

Dewa brahma

Sapta rsi

Wahyu/weda

Umat hindu


2.2.       Perkembangan Agama Hindu Di India Pada Zaman Veda

Zaman ini dimulai dari datangnya bangsa arya,kurang lebih 2500 SM ke india, dengan menempati lembah sungai shindu yang di kenal dengan nama punjab (daerah 5 aliran sungai).
Bangsa arya tergolong ras indo eropa yang terkenal sebagai bangsa yang gemar mengembara tetapi cerdas, tanguh dantrampil padazaman ini pula di mulai nya penulisan wahyu suci yang pertama yaitu reg veda. Kehidupan beragama pada zaman ini di dasarkan atas ajaran-ajaran yang tercantum padaveda samhita, yang lebih banyak menekan pada pembacaan ayat-ayat veda secara oral,yaitu dengan  menyanyikan dan mendengarkan secara berkelempok.
Veda adalah kitap suci hindu yang di turunkan oleh ida sang hyang widhi wasa ke pada umat hindu melalui para rsi (sapta rsi) yaitu rsi grtsamada,rsi vuswamitra,rsi atri, rsi bharadvaja,rsi vasistha,rsi kanva,dan rsi vamadeva.setelah wahyu tersebut di terima , maka atas jasa maharsi vyasa dan empat orang  muridnya membukukan wahyu tersebut menjadi empat bagian yang sampai sekarang di kenal dengan nama catur veda,terdiri atas.
*        Maharsi pulaha membukukan reg veda
*        Maharsi jaimini membukukan sama veda
*        Maharsi vaisampayana membukukan yajur veda
*        Maharsi sumantu membukukan atharva veda
Disamping itu pada zaman ini orang2 hindu sangat menyakini adanya dewa2 sebagai manisfestasinnya dari ida sang hyang widhi wasa antra lain:
a.         Dewa Agni
Wujud dewa agni di gambarkan seperti menyambut nyala api, berjengot, berdagu tajam,bergigi emas,dan kepalanya elalu memancarkan sinar. Sinar dewa agni seperti sinar matahari pagi,beliau di sebut sebagai putra dewa dyanus, yaitu dewa langit,oleh sebab itu dewa agnisering di sebutputra dew langit dan bumi.
b.        Dewa Indra
Kata indra indra berasal dari kata ind dan dri yang artinya memberi makan. Indra pada mulanya adalah dewa hujan yang mengalahkan raksasa vrtra,senjatanya adala bajra (petir). Indra lebih di kenal dengan dewa perang yang mengalahkan tiga benteng musuh,karena itu di sebut tri puramdhara (tri puramaka). Dari kenyataan ini lah bagi orang aryayang datang ke india keberadaan dewa indra sangat di hormati,karena bagi mereka di angap memberkati waktu menjajah penduduk asli india yaitu bangsa dravida.
c.         Dewa Rudha
Dewa rudha di gambarkan sebagai anak laki-laki bertubuh besar,perutnya berwarna biru dan punggungnya berwarna merah.kepalanya berwarna birukulit berwarna coklat kemerahan. Rambutnya panjang terurai, seluruh tubuhnya memancarkan cahaya ke emasan, tangannya memegang busur dan panah yang bercahaya. Karaternya nampak menakutkan dan angker namun hatinya lembut dan maha pengasih.
d.        Dewa Waruna
Di sebut juga baruna ,selalu di hubungkan dengan laut. Kata waruna berasal dari aar kata var (menutup dan membentang) yang berarti melindungidari segala penjuru. Dari kata inilah lalu di hubungkan dengan laut. Dewa waruna mengamati semua makluk dari tempat yang tinggi, di mana matahari di yakini sebagai istananya. Ia di gambarkan sebagai laki2 tampan berkulit putih mengendarai monster laut yang bernama makara (gajahmina) berupa binatang laut yang pada bagian depannya berwujud seekor kijang, sedangkan bagian belakangnya berwujud seekor ikan. Istri dewa waruna adalah waruni yang tinggal diistana mutiara..dewa waruna adalah dewa yang menguasai hukum alam yang di sebut Rta.

2.3.       Perkembangan Agama Hindu Zaman Brahmana.

Unsur unsur yang ada dalam kitap veda di kembangkan secara luas dalam kitap brahmana.  Secara lengkap ciri-ciri zaman brahmana sebagai berikut:
a.         Upacara korban /yadnya mendominir kegiatan umat hindu.                                 
b.        Para brahmana menjadi golongan yang paling berkuasa.
c.         Munculnya perkembangankelompok-kelompok masyarakat yang sangat tajam dengan berjenis jenis pasraman.
d.        Dewa-dewa menjadi berkembang fungsinya.
e.         Munculnya bermacam-macam kitap sutra atau kitap penuntub pelaksanaan upacara korban.

2.4.       Perkembangan Agama Hindu Di India Pada Zaman Upanisad

a.         kelompok yang tergolong astika yang di sebut sad darsana.nyaya, vaisesika, mimamsa, samkhya,yoga, dan vedanta.
b.        kelompok yang tergolong nastika meliputi; buddha, carvaka, jaina.
Sebagai hasil dari kegiatan upanisad ini di bukukan dalam kitap upanisad. Kitap upanianmerupakan bagian dari jnana kanda dari kitap veda sruti yang isinya bersifat ilmiah,spekulatif,tetapi tetap pada ruang lingkup keagaamaan.Brhman memiliki sifat cit ananda yang artinya keberadaan,kesadaran,dan kebahagiaan. .           
Demikian lah urain mengenai zaman veda,zaman brahmana,dan zaman upanisad.pada hakekatnya satu dengan yang lainnya saling berkaitandan tidak dapat di psahkan karena semua menjadi pondasi dari sejarah agama hindu.

2.5.       Perkembangan Agama Hindu Di Indonesia

teori masuknya agama hindu ke indonesia Telah di ketahui bersama bahwa agama hindu pertama kali berkembang di india.tepatnya sekitar lembah sungai shindu.dalam perkembangannya agama hindu di india pada zaman dahulu ada tiga peristiwa penting yang perlu di ketahui,diantaranya adalah sebagai berikut:
*          Agama hindu muncul di lembah sungai shindu,bagian daerah punjab,sebelah barat.                                 
*          Dari lembah sungai shindu ini agama hindu berkembang ke india tengah, di daerah ini mulai di susun etika/tatasusila yang bertujuan untk mengatur  pergaulan antara sesama manusia, tata cara hubungan manusia dengan tuhan,cara-cara mengolah alamsemesta ini untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya tanpa merusak alam lingkungan sekitarnya.
*          Selanjutnya agama hindu meluas penyebarannya ke sungai gangga ,di daerah ini barulah mulai berkembang darsana,yoga,logika,dan tersusun agama hindu menjadi suatu keyakinan dan kepercayaan, yang bulat. Dari india diperkirakan agama hindu berkembang hampir ke seluruh dunia termasuk ke indonesia. Mengenai masuknya agama hindu ke indonesia ada beberapa teori yang di kekemukakan oleh para ahli, diantaranya, teori weisa teori ini mengatakan bahwa agama hindu masuk keindonesia adalah melalui kaum pedagang yang datang dari india ke indonesia, teori kesatrya agama hindu mauk ke indonesia adalah melalui para prajurit yang melakukan penyerangan ke indonesia dalam usaha meperluas daerah kekekuasaan raja yang berkuasa padasaat itu, teori brahmana penyebaran agama hindu ke indonesia adalah melalui kaum brahmana yang datang secara sengaja datang ke indonesia untuk melakuan misi suci sebagai pengemban dharma. Dari ketiga teori di atas yang paling besar keungkinannya adalah teori brahmana.

Di samping itu ada bukti sejarah yang sangat kuat dapat dikekemukakan sebagai pendukung teori ini.antara lain:
a.         Aji Saka
Masuknya umat hindu di indonesia pertama kali di bawa oleh aji sakayang berasal dari india .
b.        Rsi Agastya
Dalam lontar yang berkembang di bali,yang di kenal sebagai penyebar agama hindu di indonesia adalah rsi agastya.di indonesia beliua di juluki dengan berbagai julukan,yaitu:agasta yatra,pita segara,bhatara guru.
kerejaan-kerajaan hindu yang terkenal dan peningalannya
1.             Kerajaan Kutai
Kerajaan kutai terletak di kalimantan timur yaitu di hulu sungai mahakam.sumber yang menyatakan bahwa kalimantan timur telah berdiri dan berkembang serta mendapat pengaruh hindu adalah dengan di temukannya prasasti yupa,yaitu prasasti berupa tiang batu berisi tulisan huruf palawa dengan bahasa sangsekerta.
2.             Kerajaan Tarumanegara
Kerajaan taruma negara terletak di wilayah jawa barat,di sekitar bogor. Wilayah kekuasaan tarumanegara meliputi banten,jakarta dan cirebon.sehingga dapat diperkirakan wilayah taruma negara meliputi hampir seluruh jawa barat.sumber-sumber yang mendukung keberadaan tarumanegara adalah prasasti dan berita cina.
3.             Kerajaan Pajajaran
Dari sini para ahli memperkirakan selain kerajaan tarumanegara di perkirakan ada sebuah kerajaan lain di jawa barat yang bernama pejajaran.dapat di ketahui meluli:
·           Prasasti rakyat juru pengabat 923 M ditemukan di daerah bogor menggunakan bahasa jawa kuno isinya menyebutkan pengambilan kekuasaan raja pejajaran.
·           Prasasti heren, menyebutkan bahwa penduduk kampung heren sering merasa tidak aman karena adanya gangguan musuh dari barat (pejajaran).
·           Prasasti astana gede (kawali ciamis) menyebutkan pusat pemerintahan dipindahkan dari pakwan pajajaran ke kawali.
·           Kitab kidung sundayana menyebutkan kekalahan pasukan pajajaran di bubat dan tewasnya baduga raja bersama putrinya.
·           Kitab ceritra parahyangan menyebutkan penganti raja sri baduga adalah weuni sora.sastra jawa menyebutkan betapa besarnya pengaruh  hindu di kerajaan sunda sekitar abad ke lima masehi.dengan di perkuat oeh adanya area rajasri dari cibuaya abad ke 8 dan 9 masehi.
4.             Kerajaan Holinga
Kerajaan holing berbaasan dengan laut sebelah selatan, nama lain dari holing adalah copo (jawa). Berdasarkan berita cina bahwa negeri holing di perintah oleh seorang raja perempuan yang bernama ratu shima. Pemerintahan ratu shima sangat keras, disiplin dan adil.
5.             Kerajaan Mataram
Konon Kerajaan ini terletak di jawa tengah,kerajaan ini di sebut bumi mataram.kerajaan tersebut di kelilingi oleh pegunungan dan gunung,serta dialiri oleh banyak sungai,dan yang terbesar adalah sungai bengawan solo. Daerah ini merupakan daerah tertutup tetapi merupakan daerah yang sangat subur ,sehingaa mengakibatkan pertumbuhan penduduk menjadi sangat pesat.
6.             kerajaan medang kemulan
Kerajaan medang kumulan terletak di jawa timur yaitudi muara sungai brantas. Ibukotanya bernama ratu mas. Kerajaan ini didirikan oleh empu sendok yang memeritah dengan gelar istana tungga dewa.lalu menjadi nama dinasti isna.
7.             kerajaan kediri.
Setelah air langga wfat maka terjadilah perebutan kekuasaan,sehingga untuk menghindari terjadinya,perang sodara. Kerajaan di bagi 2 yaitu kediri dan jenggala. Mula2 yang mengantikan airlangga adalahsri samarawijaya.. kemudian di ganti oleh mapanji gharasakan. Di ganti lagi oeleh sri maha raja rakai sarikan sri bameswara baginda,yang memerintah tahun 1130 masehi.kemudian di gantikan oleh jaya baya,beliua menjadi raja yang terkenal memerintah dari tahun 1135-1157 masehi.
8.             kerajaan singosari
Raja kediri yang terakhir di bunuh oleh ken arok pada tahun 1222 masehi,ken arok memerintah sinosari dengan gelar sri rangga rajasa sang amurwabhumi.jadi ken arok sampai adalah sebagai cikal bakal dari dinasti rajasa. Perjalanan ken arok sampai bisa menduduki tahtha singosari cukup cukup banyak menelan korban.
9.             kerajaaan majapahit
Setelah raden wijaya berhasil mengalahkan jaya katwang dari kediri maka raden wijaya dapat mempersatukan kembali kerajaan singosari dengan kerajaan kediriberpusat d majapihit. Majapahit mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan hayam wuruk dengan patihnya gajah mada yang terkenal dengan sumpah palapa yang isinya inin mempersatukan seluruh nusantara di bawah panji2 majapahit. Di lihat dari struktur pemerintahan mjapahit raja di bantu oleh dewan kerajaan yang di anggkat oleh raja yang di sebut”sang panca ing wiwa takta”.

2.6.       Perkembangan Agama Hindu Di Negara Lain

1.             Mesir
Sebuah prasasti dalam bentuk incipsri yang berhasil di gali di mesir berangka tahun 1280 s.m. isinya memuat tentang prrjanjian antara raja ramases IT dengan bangsa hittite. Dalam prjanjian yang di laksanakan oleh raja ramases II dengan bangsa hittite tersebut,maitravaruna sebagai dewa kembar delam weda telah di nyatakan sebagai saksi (H.R Hall “Ancient History of the new east”.maitra varuna adalah sebutan dari tuhan yang maha esa dalam konsep ketuhannan agama hndu.
2.             Mexiko
Mexiko terbilang sangat jauh dari india.masyarakat negeri ini di katakan telah terbiasa merayakan sebuah hari raya pesta-ria yang di sebut dengan hari rama shinta. Waktu hari pesta-ria ini memiliki hubunga erat dengan waktu hari suci dusarra atau navaratri.dalam agama hindu di india.
3.             Peru
Penduduk peru melakukan pemujaan terhada dewa matahari. Hari-hari raya tahunan masyarakat ini jatuh pada hari-hari soltis.masyarakat negeri peru dikenal dengan bansa inca.kata inca berasal dari kata ina yang berati matahari).
4.             Kota Kalifornia
Kalifornia adalah sebuah kota yang terdapat di amerika. Nama kota ini di perkirakan memiliki hubungan dengan kata kapila aranya.di kota kalifornia terdapat cagar alam taman gunung abu dan sebuah pulau kuda.
5.             Australia
Penduduk negeri kanguru ini memiliki jenis tarian tradisional yang di sebut dengan siwa dance atau tari siwa.siwa dence adalah semacam tarian yang umum berlaku di antara penduduk asli australia. Hasil penelitiannya menjelaskan bahwa para penari siwa dance menghiasi dahinya dengan dengan hiasan mata yang ketiga.penduduk asli negeri kanguru ini telah mengenal atau mendengar dongeng-dongeng weda dan nama-nama dewa dalam kitap suci weda.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KEGIATAN PELATIHAN PENINGKATAN KAPASITAS KPM, BUMDes, DESAIN DAN RAB

Kamis 7 Desember 2023 Pemerintah Desa Terusan Makmur dan Pemerintah Desa Terusan Mulya mengadakan kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas KPM, BUMDes, Desain dan RAB. Peserta Pelatihan terdiri dari Perangkat Desa, BUMDes, KPM dan Kader Posyandu. Jumlah Narasumber ada 6 diantaranya:  1. HENDRANO, S.P dan RIJALI RAHMAN, S.Pd.I Judul Materi Pemahaman Administrasi BUMDes  2. YUDIANTO,S.H dan ELISE, S.P Judul Materi Pelatihan KPM dan Posyandu  3. SUYONO, S.T dan TITI YULIANTI, S.Pd.I Judul Pelatihan materi Desain RAB kegiatan pelatihan ini dilaksanakan di Aula Kantor Desa Terusan Makmur.  harapan PLH. Kades Terusan Makmur Bapak Anang Amunddin, S.Pd terhadap seleruh pesesta pelatihan Peningkatan Kapasitas KPM, BUMDes, Desain dan RAB yaitu  1. dapat menambah pengetahuan dalam bidang masing-masing  2. dapat diterapkannya setelah mengikuti pelatihan Peningkatan Kapasitas KPM, BUMDes, Desain dan RAB ini.

DEWATA NAWA SANGA

Dewata Nawa Sanga, 9 Dewa Peguasa Mata Angin 1. Definisi Dewata Nawasanga adalah sembilan dewa atau manifestasi Ida Sang Hyang Widhi Wasa yang menjaga atau menguasai sembilan penjuru mata angin. Sembilan dewa itu adalah Dewa Wisnu, Sambhu, Iswara, Maheswara, Brahma, Rudra, Mahadewa, Sangkara, dan Siwa. 2. Penjelasan Tentang Atribut Dewata Nawasanga a. Dewa Wisnu Arah : Utara/Uttara Pura : Batur Aksara : Ang Senjata : Cakra Warna : Hitam Urip : 4 Panca Wara : Wage Sapta Wara : Soma Sakti : Dewi Sri Wahana : Garuda Fungsi : Pemelihara b. Dewa Sambhu Arah : Timur Laut/Airsanya Pura : Besakih Aksara : Wang Senjata : Trisula Warna : Biru/Abu-Abu Urip : 6 Panca Wara : Sapta Wara : Sukra Sakti : Dewi Mahadewi Wahana : Wilmana c. Dewa Iswara Arah : Timur/Purwa Pura : Lempuyang Aksara : Sang Senjata : Bajra Warna : Putih Urip : 5 Panca Wara : Umanis Sapta Wara : Redite Sakti : Dewi Uma Wahana : Gajah Putih d. Dewa

LANDASAN FILOSOFI PENDIDIKAN

  LANDASAN FILOSOFI PENDIDIKAN BAB I PENDAHULUAN 1.1     Latar belakang Pendidikan akan dapat dilaksanakan secara mantap, jelas arah tujuannya, relevan isi kurikulumnya, serta efektif dan efisien metode atau cara-cara pelaksanaannya hanya apabila dilaksanakan dengan mengacu pada suatu landasan yang kokoh. Sebab itu, sebelum melaksanakan pendidikan, para pendidik perlu terlebih dahulu memperkokoh landasan pendidikannya. Mengingat hakikat pendidikan adalah humanisasi , yaitu upaya memanusiakan manusia, maka para pendidik perlu memahami hakikat manusia sebagai salah satu landasannya. Konsep hakikat manusia yang dianut pendidik akan berimplikasi terhadap konsep dan praktek pendidikannya. Ada dua alasan mengapa para pendidik perlu memiliki landasan filosofis pendidikan. Pertama, karena pendidikan bersifat normatif maka dalam rangka pendidikan diperlukan asumsi atau sesuatu titik tolak yang bersifat normatif pula. Asumsi-asumsi pendidikan yang bersifat normatif tersebut an